Sejarah dan pengetahuan vespa classic

sejarah vespa di mulai dari rilisnya vespa 98 pada ada bulan April 1946, sebuah model transportasi baru yang fungsional dan inovatif dipublikaskan pertamakalinya kepada masyarakat umum di acara Golf Club, Roma. Dengan tameng yang dilengkapi oleh logo timbul guna menggantikan lambang Pesawat Piaggio sebelumnya, Vespa lantas menjadi sebuah kesuksesan besar dan sorotan media massa. Vespa-pun berhasil menarik perhatian publik, memberikan kejutan, namun juga keraguan. Saat itu, penjualan pertama Vespa bermula dari dealer kecil dengan harga 55.000 Lira untuk model standar, sedangkan model deluxe dibanderol seharga 66.000 Lira.



Berikut adalah foto vespa 98 :








sampai pada tahun 1985 mulai adanya px series/largeframe yang di awali dengan vespa 125 T5 dikembangkan pada tahun 1985 sebagai Vespa yang baru dan didesain ulang, Vespa 125 T5 Pole Position dilengkapi dengan mesin baru dengan kinerja yang lebih tinggi. Untuk menekankan karakter sporty-nya, Vespa tersebut juga dilengkapi dengan desain garis tebal, spoiler, kaca depan dan tachometer digital. Pada saat ini Piaggio tengah menghadapi persaingan yang sulit dan sengit dari Jepang.



Berikut adalah foto px series/largeframe :



Ada juga nih vespa dengan julukan smallframe, yuk kita kepoin sejarahnya..

Vespa Smallframe adalah sebutan untuk jenis Scooter asal Itali dengan dimensi serba compact alias ngirit . Kalau ditinjau dari asal usul pembuatan scooter ini oleh Corradano D’Ascanio, kenapa di desain sedemikian rupa, karena hal itu merupakan tuntutan pasar, dimana waktu itu serbuan motor dari Jepang yakni Honda Super Cub (C50), dan begitu mewabahnya Moped (sepeda motor bermesin 50cc) dikawasan Eropa. 


Nah untuk itu, guna mengobati rasa haus scooterist akan scooter dengan desain ramping, mungil serta irit konsumsi bahan bakar, maka pada tahun 1963 muncullah Vespa Small Frame dengan mesin 50cc untuk pertama kali di negeri Pizza sana, sebagai produk kebanggaannya.
Di Indonesia Vespa Smallframe pertama kali dilaunching pada tahun 1976 dan berakhir masa edarnya pada tahun 1984. Pada awal pertama kali digelontorkan kepasar otomotif roda dua negeri ini, Special90 dibekali dengan mesin 2 langkah berkapasitas 90cc. Scooter buatan PT. Dan Motor Indonesia atas lisensi dari Piaggio Itali ini memberikan angin segar tersendiri dipasar motor waktu itu. Bagaimana tidak, ditengah serunya persaingan sepeda motor berkapasitas dibawah 100cc dengan teknologi 2 langkah, yang waktu itu hanya dihuni oleh duo samurai Jepang yakni Yamaha dan Suzuki dengan flagshipnya masing-masing, Vespa memberikan alternatif tunggangan bagi para calon konsumen untuk menengok keproduknya.
Lantas dua tahun setelahnya, PT. Dan Motor Indonesia merilis varian PTS berkapasitas 100cc. Hampir mirip dengan sang kakak, detail modelnya tidak banyak mengalami ubahan secara keseluruhan. Hanya pada kubikasi mesin yang membengkak menjadi 99cc, dengan bore x stroke = 49mm x 51mm, dan mengaplikasikan karburator Dell Orto 19. Pada varian P100TS ini, motor mampu digeber pada batas kecepatan 90 kphDan dibawah ini adalah beberapa macam Vespa Smallframe yang telah diproduksi oleh Piaggio.

Berikut adalah foto vespa smallframe :




okay sobat scoots, sampai sini dulu sejarah dan pengetahuan vespa classic untuk pemula.buat kalian yang ingin tips merawat vespa untuk pemula, kalian bisa komen aja nanti kami akan buatkan blognya ya...

Komentar